Press "Enter" to skip to content

Satu Setengah Tahun Buron, Pelaku Penipuan Dibekuk Unit Reskrim Polsek Barangin Di Prov Jambi

sawahlunto.sumbar.polri.go.id – Unit Reskrim Polsek Barangin bersama Opsnal Reskrim Polres Sawahlunto, pada Selasa (29/01/2019) pagi, mengamankan seorang pelaku penipuan berinisial “LR”(29), di jalan lintas asri perumahan ramayani 1 blok C no 4 di kantor sinarmas jalan rangkayo hitam RT 021 RW 004 Kelurahan Bungo timur Kecamatan Pasar Muara Bungo Kabupaten Muaro Bungo Provinsi Jambi. Saat ini pelaku diamankan di Mapolsek Barangin Resor Sawahlunto, guna dilaksanakan penyidikan dan proses hukum lebih lanjut.

Pelaku disangka telah melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan, sesuai laporan polisi nomor LP/16/VII/2017-SPKT I POLSEK ,tanggal 21 Juli 2017, dengan korban bapak Ardi (47) Wiraswasta alamat Kelurahan Durian I Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto dan E.Rizaldi (56) Pensiunan PT.BA.

Kapolres Sawahlunto AKBP Zamrony Wibowo, S.I.K, M.H melalui Kapolsek Barangin IPTU Dany Salman, S.H, M.H, mengutarakan pelaku ditangkap saat bekerja di kantornya di sinarmas Kecamatan Pasar Kabupaten Muara Bungo.

“LR” merupakan pelaku kasus tindak pidana penipuan dan penggelapan yang menjadi DPO sejak satu setengah tahun,” kata Kapolsek, Selasa (29/1/2019) malam.

Selama buron, pelaku diduga sudah berlari dan menetap di berbagai daerah.

Ia menjelaskan kronologi kejadian pada tahun 2017 saat pelaku ingin merental mobil pelapor Toyota avanza abu-abu BA 1004 JQ dan mobil teman pelapor bapak Erizal mobil Daihatsu Xenia B 1012 JQ dengan kesepakatan 6 bulan dirental, setelah 5 bulan pelapor tidak menerima uang sewa mobil lagi dari pelaku dan ditanyakan status sewa mobil kepada pelaku  bahwa mobil tersebut berada bersama kakak pelaku dan mobil tersebut telah digadaikan oleh kakak pelaku ke Daerah Sumatera Utara, ujar Kapolsek.

Setelah penyelidikan yang dilakukan secara online dan manual, Polisi tak menyia- nyiakan kesempatan itu dan langsung bergerak ketempat lokasi tersangka bekerja didaerah Muaro Bungo Provinsi Jambi untuk dilakukan penangkapan.

Barang bukti yang diamankan Kendaraan R4 2(unit), untuk Pelaku telah ditahan di Mapolsek Barangin Resor Sawahlunto. Ia dijerat dengan Pasal 378 jo 372 KUHP ancaman Hukuman penjara maksimal 4 tahun penjara.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *