Press "Enter" to skip to content

Polres Sawahlunto Gelar Simulasi Sispamkota Dalam Rangka Pemilu Tahun 2019

sawahlunto.sumbar.polri.go.id – Jelang pelaksanaan Pemilu tahun 2019 Polres Sawahlunto laksanakan simulasi Sispamkota yang diikuti seluruh Personel Polres Sawahlunto, di Lapangan Sirkuit Permanen Kandi Desa Kolok Mudik Kecamatan Barangin, Simulasi tersebut dilakukan guna meningkatkan kemampuan anggota, dalam hal pengamanan, Jumat (22/3/2019) pukul 09.00 Wib.

Dalam simulasi pengamanan tersebut, digambarkan adanya aksi demontrasi atau unjuk rasa, yang dilakukan oleh sekelompok massa, yang tidak terima dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota. Massa yang kecewa mendatangi kantor KPU untuk menggelar aksi demo.

Sementara, dalam aksi demo tersebut sempat terjadi ketegangan antara massa dengan aparat Kepolisian yang berjaga di Kantor KPU. Massa yang semakin memanas Kapolsek meminta bantuan untuk  meluncurkan tim negosiator dan massa tidak menerima hasil negosiasi dan massa semakin memanas, Pleton dalmas awal dan gabungan serta dalmas inti membuat turun untuk membubarkan serta petugas terpaksa melakukan tindak tegas dan terarah, dengan menyiramkan air ke arah massa dengan Water Canon untuk mememecah massa, dan Kapolres memerintahkan Kabag Ops untuk mengumpulkan kedua tokoh tokoh partai beserta kualisi pada masing masingnya untuk dilakukan mediasi dan kesepakatan didapat dan massa membubarkan diri untuk kembali kerumah masing masing dikawal oleh Kepolisian.

Dalam simulasi tersebut melibatkan 500 orang, dari semua jajaran Polres dan Polsek serta instansi terkait, simulasi digelar sebagai kesiapan personel untuk mengamankan jalannya pelaksanan Pemilu 2019.

“Kapolres Sawahlunto AKBP Zamrony wibowo, S.IK, M.H mengatakan Simulasi kita lakukan untuk melihat kemampuan personel dalam menghadapi berbagai bentuk situasi di lapangan. Kita harap simulasi ini tidak terjadi sungguhan dalam pelaksanaan pemilu nantinya,” ucapnya.

Dalam pengamanan pemilu, pihaknya akan lebih mengedepankan sikap preventif terhadap pengunjuk rasa. Meski begitu ia mengajak semua calon dan relawan untuk tetap bisa menjaga situasi di Kota Sawahlunto agar tetap kondusif.

“Sejak awal tahapan Pemilu 2019, Polres Sawahlunto dan jajaran selalu jalin sinergitas dengan stake holder dan berbagai pihak, untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan sejuk, di wilayah Kota Sawahlunto,” imbuhnya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *