Press "Enter" to skip to content

Polres Sawahlunto Laksanakan Press Release Terkait tindak Pidana Pencurian Mobil L-300

sawahlunto.sumbar.polri.go.id – Kapolres Sawahlunto AKBP Junaidi Nur, S.H, S.I.K melaksanakan Press release terkait dengan pengungkapan kasus tindak Pidana Kasus Pencurian Mobil L-300 di daerah Muaro Kalaban Kota Sawahlunto, yang dilaksanakan dirupattama Polres Sawahlunto. selasa(21/1/2020).

Kapolres Sawahlunto AKBP Junaidi Nur, S.H, S.I.K yang didampingi Kasat Reskrim AKP Julkipli Ritonga, S.H, S.I.K bersama Kapolsek Muaro Kalaban IPTU Usman N dan Kasubbag Humas AKP Bunial Husni dalam Press Release.

Kapolres mengatakan tersangka Jon (38) suku Minang, alamat Desa Muaro Kalaban, ditangkap di rumah kontrakannya di Dharmasraya saat sedang tidur bersama perempuan yang diakui tersangka sebagai istrinya.


“Tersangka sebelumnya juga pernah dihukum terkait tindak pidana pencurian dengan pemberatan berupa pencurian suku cadang alat berat, komputer dan control panel pada 2011 di Kecamatan Talawi dan  dijatuhi hukuman 2 tahun, 10 bulan,” ujar Kapolres.

Motif tersangka melakukan tindak pidana dikarenakan desakan ekonomi yaitu untuk biaya pernikahan dari anak tersangka. modus tersangka melakukan tindak pidana ini dengan menggunakan kunci palsu yaitu sebuah kunci mobil L-300 yang didapat tersangka pada saat tersangka dulu bekerja dengan orang lain.

Saat beraksi tersangka menggunakan kunci palsu mobil L-300, Kemudian dengan kunci tersebut, tersangka melakukan pencurian dengan cara menggoyang-goyangkan kunci sampai pintu mobil terbuka dan membawa kabur L-300 setelah mesinnya dinyalakan .

Dari tersangka petugas menyita barang bukti berupa, tang potong besar, gergaji besi, kunci T, kunci Y, kain sarung, tas sandang,  sebo, HP merk Samsung dan 1 unit mobil L-300 no pol BA 8423 JP.

Untuk tersangka pasal yang disangkakan pasal 363 ayat (1) ke-5 KUH Pidana dengan ancaman pidana maksimal 7 (tujuh) tahun penjara.

Kapolres Sawahlunto dalam kesempatan ini menghimbau kepada segenap warga, khususnya warga yang berada di wilayah hukum Polres Sawahlunto, agar selalu waspada dan berhati hati. jangan memarkir di tempat sepi dan jauh dari pantauan pemiliknya dan gunakan kunci tambahan pada kendaraan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *