Press "Enter" to skip to content

Wagub Sumbar pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Singgalang 2021

Wagub Sumbar pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Singgalang 2021

 

TNS – Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Singgalang tahun 2021, Kamis (23/12) di lapangan Imam Bonjol, Padang.

 

Apel gelar pasukan Operasi Lilin Singgalang ini dilaksanakan dalam rangka memberikan rasa aman, dan nyaman pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, khususnya di wilayah Provinsi Sumatera Barat.

 

Pada pelaksanaan Nataru (Natal dan Tahun Baru) tahun ini kata Wagub yang membacakan amanat Kapolri mengatakan, kita perlu lebih berhati-hati, khususnya dalam mengantisipasi penyebaran varian Covid-19 jenis B.1.1.529 (Omicron) yang mengakibatkan lonjakan kasus di beberapa negara. Varian Omicron yang memiliki kecepatan penyebaran 5 kali lebih cepat dari Varian Delta ini telah ditemukan di 103 negara dengan total 105.272 kasus, termasuk di Indonesia saat ini sebanyak 5 orang telah teridentifikasi tertular varian Omicron.

 

Dalam keterangan pers Presiden Joko Widodo terkait perkembangan masuknya varian Omicron di Indonesia, beliau mengingatkan bahwa “Sekarang, yang harus kita lakukan adalah bersama-sama berupaya sekuat tenaga agar varian Omicron tidak meluas di Tanah Air. Jangan sampai terjadi penularan lokal. Kita harus berupaya menjaga situasi di Indonesia tetap baik. Kita pertahankan jumlah kasus aktif agar tetap rendah. Tingkat penularan kita awasi agar bertahan di bawah 1. Jangan sampai itu melonjak lagi.”

 

Dikatakan, situasi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali dimana tingkat penularan berada di bawah angka 1, dengan positivity rate dan BOR rumah sakit berada dibawah standar WHO. Kesuksesan dalam mengendalikan laju Covid-19 ini, membuat Indonesia menempati peringkat pertama di Asia Tenggara dalam rangka pemulihan Covid-19 menurut indeks Nikkei.

 

“Tentunya capaian ini harus kita pertahankan dengan tetap waspada. Kita harus melakukan berbagai upaya pencegahan untuk menyelamatkan bangsa Indonesia dari bahaya pandemi Covid-19 dengan mengedepankan asas keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi “Salus Populi Suprema Lex Esto”,” ucap Audy Joinaldy.

 

Oleh karena itu lanjut Wagub Sumbar, Polri dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi Lilin-2021 yang dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 23 Desember 2021 s.d. 2 Januari 2022. Fokus pengamanan adalah 54.959 obyek di seluruh Indonesia baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara.

 

“Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 177.212 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 103.188 personel Polri, 19.017 personel TNI, serta 55.007 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya,” ujarnya.

 

“Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 19.464 Pos Pengamanan dan 1.082 Pos Pelayanan,” sambungnya.

 

Oleh karena itu, Operasi Lilin-2021 harus dilaksanakan secara optimal. Kejahatan dan gangguan kamtibmas sekecil apapun harus kita cegah dan antisipasi. Ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman, baik dari gangguan kamtibmas maupun dari bahaya Covid-19. Event-event nasional dan internasional pun dapat berjalan dengan baik.

 

“Untuk itu, laksanakan operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab dengan dukungan penuh masyarakat,” ujarnya.

 

Sebelumnya, Wagub Sumbar bersama Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa, SH. S.Ik dan Forkopimda Sumbar melakukan pengecekan pasukan yang terlibat operasi.

 

Apel gelar pasukan dihadiri oleh Kapolda Sumbar, Forkopimda, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.Ik. M.Si, Pejabat Utama Polda Sumbar dan tamu undangan lainnya.

 

Sedangkan peserta upacara terdiri dari personel TNI (AD, AL, AU) Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes, dan instansi terkait.(*)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *