Press "Enter" to skip to content

KREATIFITAS DAN INNOVASI BHABINKAMTIBMAS AUR MULYO DIKEMBANGKAN MELALUI 3 (tiga) POS KAMLING

Pos Kamling yang biasa digunakan untuk Kegiatan Sistem Keamanan Lingkungan dalam bentuk perondaan atau patroli di sekitar lingkungan tempat tinggal guna menciptakan situasi dan kondisi yang aman, tertib, dan tentram di lingkungan masyarakat.

 

Untuk menciptakan hal yang baru dan berbeda dari Keberadaan Pos Kamling, Bhabinkamtibmas Kelurahan Aur Mulyo BRIPDA GEMA WAHYU SATRIA mengembangkan Innovasi dan kreatifitas dalam rangka memecahkan persoalan Kamtibmas.

Bripda Gema merupakan personil Polsek Sawahlunto, Polres Sawahlunto, Polda Sumatera Barat (Sumbar) yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Aur Mulyo Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto.

 

Berkat Dukungan dan bimbingan dari Kapolsek Sawahlunto IPTU MARWAN dan Pak Lurah Aur Mulyo Muldayuri S.Pd serta warga Masyarakat binaannya, sehingga bisa Menciptakan Pos Kamling yang memiliki sarana CCTV dan Ruang Pustaka bagi anak-anak belajar dan Membaca.

 

Disamping tugas sebagai bhabinkamtibmas, Bripda Gema Juga menyempatkan untuk mengajar anak-anak pada saat sore hari di ruang Pustaka Pos Kamling RT 05 RW 03 kelurahan Aur Mulyo, seperti yang dilakukan tadi sore.(30/06/2022).

 

Innovasi lain yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas tersebut adalah dengan menyuruh warga binaannya mendownload Aplikasi “RT PINTAR” yang ada di Play store.

 

Aplikasi berbasis smartphone itu bertujuan untuk mempercepat respons pengaduan masyarakat yang membutuhkan bantuan kepolisian Saat warga menghadapi kondisi bahaya seperti adanya pencurian, orang mencurigakan, kebakaran dan lainnya.

 

Warga bisa melapor Dengan hanya menekan tombol Panic diaplikasi tersebut sehingga bisa langsung ditanggapi serta ditindaklanjuti oleh Bhabinkamtibmas dan Pengurus Kelurahan karena adanya notifikasi alarm.

 

Kapolsek Sawahlunto IPTU MARWAN, S.H., saat ditemui menyampaikan Apresiasi dan dukungan kepada Personilnya yang bisa berinnovasi dan berkreativitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,”

 

“Aplikasi RT PINTAR berguna untuk mempermudah masyarakat yang membutuhkan bantuan polisi sehingga tidak perlu datang ke kantor polisi terlebih dahulu cukup menekan tombol “Panik”, Ucap Kapolsek.

 

Iptu Marwan juga menambahkan “Dengan adanya ruang pustaka di Pos Kamling tersebut sebagai upaya untuk menciptakan kehadiran polisi ditengah masyarakat dalam memberikan rasa aman dan nyaman serta juga sebagai pendidik yang menanamkan kedisiplinan bagi generasi penerus,”

 

“Innovasi dan kreatifitas yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Aur Mulyo BRIPDA GEMA WAHYU SATRIA Ini bagus dan perlu dicontoh oleh personil lainnya dalam rangka meningkatkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif,” Ucap Iptu Marwan.

 

Kapolsek juga menyampaikan bahwa untuk memantau dan memastikan situasi Kamtibmas diwilayah hukumnya juga dipasang 10 (sepuluh) titik CCTV dipersimpangan yang rawan terhadap aksi kejahatan dan tempat-tempat keramaian.”

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *